Sabtu, 04 Juni 2016

7 Gunung Yang Menangtang di Dunia

7 Gunung Yang Menangtang di Dunia

1. Gunung Everest (8.850 km)


Gunung Everest memang dikenal sebagai puncak tertinggi di dunia, tapi kini sebutan untuk gunung yang ditaklukkan Sir Edmund Hillary bertambah, Everest telah menjadi tempat pembuangan sampah tertinggi di bumi. Geram dengan kondisi yang terjadi di gunung yang selalu diselimuti salju ini Pemerintah Nepal melalui Menteri Pariwisata Madhusudan Burlakoti menerapkan aturan baru yang akan berlaku mulai April. Peraturan baru itu mewajibkan kepada setiap petualang yang mendaki Gunung Everest untuk membawa kembali turun sampah seberat delapan kilogram ditambah sampah dari perbekalan yang mereka bawa sebelumnya.
Sampah di kawasan Gunung Everest sangat beragam bentuknya, sampah dari bungkus makanan, tabung oksigen, tenda-tenda yang sudah tak terpakai dan tubuh-tubuh pendaki yang tewas membeku tersebar keberadaannya.

2. K2 (8.611 m)


Memang gunung tertinggi di dunia adalah Mount Everest yang terletak di pegunungan Himalaya, namun gunung tersulit untuk ditaklukan oleh para pendaki adalah K2, gunung tertinggi kedua di dunia dengan ketinggian 8.611 mdpl. K2 terletak diantara Pakistan dan Repulik Rakyat Cina.
K2 menjadi gunung tersulit untuk ditaklukan karena banyaknya pendaki yang meninggal saat berusaha untuk menaklukan K2. Tercatat setiap 4 orang yang mencapai puncak maka satu diantaranya akan meninggal dunia. Kesulitan utama dalam mencapai puncak K2 adalah udara dingin yang sangat menusuk kulit ditambah lagi dengan kemungkinan badai salju yang sulit untuk diprediksi. Bahkan badai bisa terjadi dalam waktu yang lama hingga berhari-hari. Berbeda dengan Everest yang berada di suatu wilayah pegununungan sehingga puncaknya juga dkelilingi oleh puncak lain yang lebih rendah, K2 berdiri sendiri. K2 berada lebih dekat kekutub utara yang menjadikan udara di sana lebih dingin dibandingkan dengan Everest.

3. Manaslu (8.163 m)


Nepal Manaslu adalah gunung tertinggi ke-8 di dunia, terletak di Mansiri Himal, bagian dari pegunungan Himalaya, Nepal. Kata Manaslu berasal dari kata bahasa Sanskerta , Manasa dan diterjemahkan sebagai "Gunung Jiwa". Manaslu adalah puncak tertinggi di Gurkha dan terletak sekitar empat puluh mil sebelah timur Annapurna, gunung tertinggi ke-10.

4. Gunung Eiger


gunung Eiger. Gunung terletak di Bernese Alps. Pada posisi geografis 46° 35 LN dan 8° 00' BT. Musim pendakian yang paling baik adalah dibulan Juli, Agustus dan September. Di tahun 1858, Charles Barrington, Christian Almer dan beberapa anggota ekpedisinya merupakan para pendaki yang pertama mendaki gunung ini. Akses yang paling gampang ke Eiger adalah dari Grindelwald, Switzerland.Eiger, nama yang berarti Raksasa. Gunung ini agak jauh ketimur dan berada digigiran punggungan yang sama dengan Jungfrau (13.642 kaki) dan Monch (13.448). Diantara ketiga gunung itu, Eiger adalah yang paling spetakuler. Gunung ini juga menakutkan dengan dinding sebelah utaranya yang tegak berdiri dengan ketinggian lebih dari 5.000 kaki. Banyak pendaki yang terbunuh saat memanjat dinding utara ini, termasuk diantaranya dua orang pendaki Jerman yang merupakan orang-orang yang pertama mendakinya ditahun 1935.
Pada tahun 1930 an, gunung menjadi terkenal sebagai alat pembunuh yang kejam, dan gunung ini dikenal dengan nama yang dicetak sebagai, The White Spider, The White Cobra, Murder Wall dan lain-lain

·         5. Gunung Suribachi


Gunung Suribachi nama lain: Paipuyama atau Gunung Pipe; bahasa Inggris: Mount Suribachi adalah gunung berapi, tipe kerucut piroklastik dari batuan andesit yang tingginya 169 meter. Letaknya di bagian barat daya Iwo Jima, sebuah pulau yang berada 1.200 km selatan Tokyo.
Sejak tahun 1889, pemerintah Jepang mencatat gunung ini telah meletus sebanyak 16 kali. Letusan yang terakhir terjadi pada tahun 1957. Letusan berlangsung selama 65 menit, dan menciptakan kawah dengan diameter 35 meter dan kedalaman 15 meter di dekat bekas landas pacu peninggalan Perang Dunia.

6. Gunung Kilimanjaro


Kilimajaro adalah gunung yang terkenal di dunia. Kilimanjaro berada di negara Tanzania, Afrika. Kilimanjaro merupakan gunung tertinggi di Afrika. Saking tingginya, puncak gunung Kilimanjaro tertutup es. Padahal, Kilimajaro terletak di daerah tropis Afrika yang panas. Wow, dari kejauhan Kilimanjaro tampak putih berkilauan. Oleh karena itu, penduduk asli Afrika menamai gunung es ini gunung putih atau Kilimanjaro. Dalam bahasa Afrika, kilima artinya gunung dan Njaro artinya putih. Puncak salju Gunung Kilimanjaro tampak putih berkilauan.
Pendaki gunung di dunia berharap bisa mendaki Gunung Kilimanjaro. Karena pendakian di Kilimanjaro sangat menantang. Bayangkan, pendaki harus melalui berbagai macam iklim. Awalnya, pendaki dibuat kepanasan gara-gara suhu dataran rendah Kilimanjaro sangat panas. Pendaki lalu memasuki daerah hutan yang lebat dan lembab. Uuuh, di hutan yang lembab dan lebat ini pendaki merasa gerah. Untungnya, kabut sering turun di hutan ini. Pemandangan kabut di sela-sela pepohonan raksasa yang indah, menghibur hati para pendaki.

7. Gunung Fuji


Terletak di pulau Honshu, Jepang, mempunyai tinggi  3776 meter dpl, Gunung Fuji (atau kadang disebut Fuji-san) adalah puncak tertinggi di dataran Jepang. Ketika musim dingin puncak gunung ini bersalju yang membuatnya semakin terlihat kokoh tapi tetap indah dipandang, gunung ini adalah simbol dari kota Tokyo Gunung Fuji ini juga memiliki karakteristik sebagai gunung berapi. Meskipun letusan terakhirnya tercatat terakhir di tahun 1707, gunung ini masih dianggap sebagai gunung berapi aktif dan berisiko. Dulu bagi wanita dilarang untuk mendaki Gunung Fuji hingga akhirnya peraturan itu dicabut di tahun 1912, hingga kini tercatat semakin banyak orang yang ingin mendaki gunung Fuji.

Gunung Fuji adalah salah satu mimpi setiap para pendaki gunung, waktu dan tanggal yang diizinkan untuk mendaki gunung ini antara 1 Juli dan 28 Agustus, dan biasanya dilakukan pada malam hari agar dapat mengejar matahari terbit di puncak gunung yang terkenal ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar