Minggu, 05 Juni 2016


Tugas Softskill (Kunjungan Perpustakaan Nasional RI)

Nama         : Marsait ependi
Kelas          : 1pa14
NPM          : 1B514818




Pada sabtu tanggal 25-05-2016 adalah hari dimana saya merencanakan untuk berkunjung ke perpustakaan nasional (PERPUSNAS) ke datangan saya ke sana bertujuan untuk mencari salah satu buku yang menyangkut dengan bahan penulisan saya  dan ke datangan saya ke sana juga bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas di mana saya diwajibkan mengunjungi beberapa tempat dan dari kunjungan tersebut kami wajib menceritakannya diblog kami.

Perpusnas terletak di jl. Salemba raya no: 28A, Senen, daerah khusus ibu kota Jakarta sebenarnya perpusnas juga ada di Jl. Merdeka selatan no: 11, Jakarta pusat. Sebenarnya saya juga ingin berkunjung ke perpusnas yang berada di jl. Merdeka Selatan tetapi perpusnas tersebut dalam tahap renovasi jadi untuk sementara saya tidak bisa berkunjung kesana. Padahal perpusnas tersebut adalah perpus terbuka, di mana kita dapat mengambil buku sendiri.

Untuk pergi kesana saya menggunakan sepeda motor perjalan dari rumah saya memakan waktu kira-kira 45 menit untuk sampai di sana. Setelah saya sampai disana saya bergegas memarkirkan kendaraan yang saya bawa di erae parker perpusnas, karena cuaca yang sangat panas saya bergegas untuk masuk ke dalam gedung perpusnas, gedung perpusnas sendiri terbagi menjadi lima gedung yaitu A, B, C, D, dan E untuk gedung perpustakaan berada di gedung C





Tepat berhadapan dengan pintu masuk terdapat lukisan dinding yang cukup besar saya juga kurang paham arti dari lukisan tersebut, yang saya lihat terdapat tulisan semacam sajak dan beberapa gambar penari serta perahu. Lukisan ini terbuat dari batu dengan menggunakan seni pahatan sehingga gambar dan tulisan Nampak timbul.
Di depan lukisan besar terdapat juga berbagai macam lukisan yang kecil jumlah nya mungkin belasan berbagai macam lukisan terpang di depan lukisan yang besar tersebut.



Di lantai bawah ini juga terdapat kios buku dan beberapa etalase buku di samping pintu masuk dari ruang kios buku tersebut. Di etalase tersebut terdapat salah satu buku tentang raden ajeng kartini.


Selain terdapat kios buku pada lantai satu ini pihak perpusnas juga menyediakan Hotspot jadi bagi pengunjung yang ingin browsing untuk mencari ilmu pengetahuan lewat internet bisa memakai Hotspot yang telah disediakan oleh pihak perpusnas



Untuk masuk ke lantai dua kita harus menggunakan kartu akses, kartu akses itu berupa kartu anggota perpusnas jadi yang belum mempunyai kartu anggota di haruskan membuat kartu anggota perpusnah terlebih dahulu untuk membuat kartu anggota pihak perpusnas telah menyediakan computer yang berguna untuk mengisi berbagai informasi yang dibutuhkan dalam membuat kartu keanggotaan perpusnas, setelah mengisi informasi yang di minta kita akan mendapat nomor keanggotaan. Nomor keanggotaan tersebut kita catat di kertas selembar beserta nama kita dan kita berikan pada petugas keanggotaan setelah itu di lanjutkan dengan foto  diruang keanggotaan tersebut setelah itu kita tinggal menunggu kartu keanggotaan kita dicetak oleh petugas untuk menggurus kartu keanggotaan tidak dibutuhkan waktu yang lama.


Setelah kita selesai membuat kartu anggota kita juga di wajibkan mengisi buku tamu, di perpusnas tersebut telah disediakan computer khusus untuk mencatat tamu atau pengunjung yang datang kesana karena zaman telah maju megisi buku tamu pun kita sudah tidak menulis di buku yang biasa tapi kita menulis di computer yang khusus untuk mencatat pengunjung yang datang kesana berikut foto computer yang khusus di gunakan untuk mencatat tamu yang datang.


Karena di perpusnas ini kita tidak diperbolehkan membawa tas, maka pihak perpusnas menyediakan loker-loker untuk kita menyimpan tas dan barang bawaan kita yang boleh kita bawa hanya alat tulis, dompet dan hp selebihnya barang harus di taruh di loker. Setelah menaruh tas saya pun langsung menaiki lift untuk untuk naik ke lantai 2. Sesampain nya dilantai 2 saya mencari buku yang saya ingin cari melalui buku katalog online, dilantai dua ini sudah disediakan banyak buku katalog online ini agar ketika pengunjung sedang banyak tidak terjadi antrian pengunjung yang ingin mencari buku di katalog online tersebut. Oleh karena itu pihak perpusnas memberikan buku katalog online dengan jumlah lumayan banyak. Dalam buku katalog tersebut kita tidak bisa melihat isi dari buku yang kita cari, kita hanya dapat melihat cover buku, judul buku, penerbit, pengarang, tahun terbit, lokasi buku disimpan dan nomor panggil dari buku tersebut.



Setelah kita menemukan buku yang kita cari di buku katalog kita wajib mencatat nama pengarang buku tersebut, lokasi buku, nomor panggil, judul buku, pengarang, nomor anggota kita, dan tanggal kunjungan pada bon permintaan. Bon permintaan tersebut bisa kita ambil di depan meja piket layanan katalog. Berikut adalah contoh bon permintaan.



Karena buku yang saya cari ada di lantai 3 maka saya bergegas menuju lantai 3 dengan menggunakan lift, sesampai nya saya di lantai 3 saya langsung memberikan bon permintaan ke petugas saya mendapatka 2 buku yang saya akan baca. Sebelum saya adapat buku pinjamanya saya terlebih dahulu harus menulis buku tamu kembali dan menyerahkan kartu anggota saya sebagai jaminan. Setelah saya mendapat buku yang saya ingin baca saya pun bergegas duduk di menja yang ada di ruangan tersebut buku yang saya pinjam adalah buku tentang psikologi sosial, di buku tersebut saya membaca tentang  Locus of Control atau lokus pengendalian yang merupakan kendali individu atas pekerjaan mereka dan kepercayaan mereka terhadap keberhasilan diri. Lokus pengendalian ini terbagi menjadi dua yaitu lokus pengendalian internal yang mencirikan seseorang memiliki keyakinan bahwa mereka bertanggung jawab atas perilaku kerja mereka di organisasi. Lokus pengendalian eksternal yang mencirikan individu yang mempercayai bahwa perilaku kerja dan keberhasilan tugas mereka lebih dikarenakan faktor di luar diri yaitu organisasi. Locus of Control merupakan variable yang saya cari untuk melengkapi penulisan ilmiah saya.




Tidak terasa saya pun sudah satu jam membaca kedua buku tersebut, terasa bahan tulisan untuk penulisan ilmiah yang saya cari sudah cukup saya pun segera mengembalikan buku tersebut ke petugas piket katalog dan mengambil kartu anggota saya kembali. Setelah itu saya turun ke lantai 1 untuk mengambil tas yang saya taruh di loker perpusnas, setelah saya mengambil tas saya pun bergegas untuk keluar perpusnas dan menuju parkiran kendaraan untuk mengambil motor yang saya parkirkan di area parkiran perpusnas. 


Saya mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada pembacayang sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya ini saya mohon maaf jika tulisan yang saya buat terdapat kesalahan kata atau banyak kekurangan. Semoga tulisan yang saya buat dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar