Sabtu, 04 Juni 2016

7 Komponis dan Ahli Musik Dunia

7 Komponis dan Ahli Musik Dunia

1. Johann S. Bach



Nama lengkap komponis ini ialah Johann Sebastian Bach, lahir pada tahun 1965, dari sebuah keluarga musikus di jerman. Dia adalah komponis paling terkenal sepanjang zaman. Bermula pada sebuah permainan organ di gereja yang berhasil mengubah prelude (bagian yang digubah agar menjadi kontras) kemudian ia di kukuhkan menjadi musikus di istana cothen. Sebagai pemain organ di Leipzig, ia mengubah musik gereja. Di antara nya St. Matthew dan St John passion, dan mass B in minor. Ketiga anak nya juga mengikuti jejaknya sebagai musikus.

2. George Frederick Handel



George Frederick Handel lahir di Jerman pada tahun 1685 kemudian menetap di Inggris pada tahun 1771 sebagai komponis opera terkenal dengan oratorio (gubahan lagu untuk nyayian orkes) biasa nya bersifat keagamaan. Karya terkenal nya ialah Israel di mesir, Samson, dan judas Maccabeus. Karya-karya nya adalah perpaduan antara gaya jerman, Italy, dan inggris. Ketika itu raja George I berkuasa. Handel tidak disukai karena meninggalkan jerman tetapi kemudian dia diampuni setelah berhasil mengubah musik Air untuk pesta kerajaan.

3. Joseph Hydn 



Joseph Hydn lahir di Wina pada tahun 1732 dari keluarga kurang mampu, berawal pada kesenangan nya pada music sejak kecil kemudian menjadi paduan suara gereja di wina. Ketika remaja mengikuti group band keliling, mengajar music dan menggubah lagu.dia juga berhasil menggubah lagu kebangsaan untuk Negara nya sendiri. Dia di angkat menjadi pemimpin sebuah orkes pada keluarga kaya raya esterhazy pada tahun1761, dari sinilah karya-karya nya banyak mengalir deras.

4. Wolfgang A. Mozart


Komponis terhebat didunia yang tetap hidup miskin adalah Wolfgang A. Mozart lahir di Salzburg, Austria tahun 1756 sejak usia lima tahun Mozart kecil ikut konser musik bersama ayah nya ke istana-istana di eropa. Karya-karya nya orisinil, walau ia berkawan dekat dengan Hydn. Mozart mulai mengubah opera pada usia 12 tahun karya yang lain berupa simfoni, sonata, dan orkes.salah satu simponi terbesar nya adalah “Symphony Of a Thousand” dimain kan tidak kurang oleh 750 pemain. Karya terakhir sebelum ia meninggal adalah lagu “Misa Requim”

5. Beethoven


Pada usia yang sangat muda ia telah menjadi musikus yang sangat handal. Ludwig van Beethoven, lahir di Bonn, Jerman pada tahun 1770. Ketika usia nya 20 tahunia pindah ke wina, lalu mulai belajar kepada Hydn. Lahir lah karya-karya simponi sonata dan nyayian. Sampai pada akhir nya ia mengalami tuli, hingga tidak dapat memainkan piano ketika konser. Karya terbaiknya menurut banyak orang adalah simponi kesembilan sebagai gubahan terbaik. Ketika ia mengubah sebuah opera “Fidellio” ia benar-benar mengalami tuli total. Namun ia tetap memimpin konser, walau satu not pun ia tidak bisa mendengar nya. Ia meninggal pada tahun 1827.

6. Franz Schubert


Schubert adalah anak seorang guru, lahir di Austria tahun1797. Ia mulai menggubah lagu pada usia 13 tahun. Pernah mencoba mengajar di sekolah ayahnya, tetapi itu tidak lama. Karena ia tidak menyukai bidang itu, kemudian beralih ke musik yang pada akhir nya ia memperoleh penghasilan yang cukup lumayan dari musik. Walaupun belum begitu mengangkat kehidupannya yang miskin. Franz Schubert menciptakan lagu yang cukup terkenal yaitu “earl king”. Lagu ini menceritakan perjuangan seorang ayah yang memeluk anak laki-laki nya sambil menunggang kuda dalam usaha nya yang sia-sia dalam menyelamatkan anak nya dari kematian. Karya Schubert yang lain nya berupa simponi, tetapi lebih banyak berupa lagu-lagu yang dinyayikan dengan piano, ia meninggal pada usia yang masih muda yaitu 31 tahun.

7. Frederich F. Chopin




Karya chopin kebanyakan untuk piano dan itu membuktikan dirinya pianis hebat. Nama lengkapnya ialah Frederich Franchois Chopin, lahir di Warsawa polandia pada tahun 1810. Karya-karya music nya ceria dan riang seperti Muzurka, Walsa, dan polonaise. Jenis music ini cocok untuk dansa. Sangat berbeda dengan karakter pribadi nya yang pemurung. Dia sangat mencintai Negara nya polandia. Tetapi setelah usianya 21 tahun ia menetap di paris sampai meninggal pada tahun 1849. Karya chopin sangat berbeda dengan komponis lain pada zamannya.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar