Sabtu, 04 Juni 2016

Bahan Galian dan Tambang

Bahan Galian dan Tambang
1. Batu Bara



    Sesuai dengan namanya batu bara ini bewarna hitam dan sebagai bahan bakar pengganti kayu bakar. Tetapi karena pulosi yang ditimbulkan serta munculnya bahan bakar minyak dan gas maka batu bara jarang dipakai oleh orang, tetapi walau sudah lama ditinggalkan ternyata minyak dan gas bumi harga nya semakin mahal dan persediaannya terbatas.untuk mencegah krisis BBM maka batu bara mulai ditengok kembali. Asal batu ini adalah dari sedimentasi dari sisa tanaman air dab darat yang jutaan tahun terpendam dalam tanah, dan oleh proses penghanyutan dan penggolakan lapisan karena gerakan tektonik maka mempengaruhi intensitas dan kualitas batu bata. Produksi batu bara di Indonesia terdapat di daerah penggaron, samarinda-kaltim, sungai durian ombilin-sumbar, di bukit asam sumsel.

2. Emas si logam mulia    


    Emas merupakan logam mulai karena logam yang berharga dan dimuliakan oleh peradaban orang sebagai periasan. Penambangan emas yang terkenal di Indonesia adalah lebong tandai, papua, dan Bengkulu. Biji emas diperoleh dalam cembakan dalam berbagai tipe didalam batuan bekuan beku. Umum nya emas yang dihasilkan terjadi dari larutan hydrothermal yang umur nya relatife muda

3. Air Raksa



    Air raksa tergolong kedalam logam yang berbentuk cair, air raksa juga banyak digunakan sebagai komponen alat kedokteran, seperti termometer dan barometer meski juga ada kegunaan lain seperti peralatan listrik. Di Indonesia termasuk banyak terdapat bijih air raksa terbesar seperti di Sumatra barat, jambi, jawa barat, jawa tengah dan Kalimantan barat.

4. platina



    Platina juga termasuk kedalam logam mulia karena banyak difungsikan sebagai hiasan ditahun 2003 platina ngetren disebut dengan emas putih platina mahal karena cadangan dunia lelatif sedikit disbanding emas kuning. Di Indonesia sendiri platina banyak di hasil kan di Riau-bengkalis dan Kalimantan selatan yaitu martapura.

5. nikel



    Nikel termasuk kedalam logam besi yang bermanfaat untuk industry logam, sebagai pelapis anti karat semua barang yang dengan istilah stenliss stell tentu barang itu dilapisi oleh nikel. Dibandingkan barang yang dibuat dari besi dan dilapisi oleh nikel, akan jauh lebih murah jika barang tersebut seutuhnya dibuat dari bahan nikel. Kandungan biji nikel terbesar di Indonesia terdapat di wilayah Soroako dan bulubalang (sulsel), pomalaa dan tanjung pakar (Sulawesi tenggara).

6. Intan


    Intan adalah batu hasil tambang yang transparan, tidak mengandung cacat putih bersih. Ada juga yang bewarna hijau jernih, biru jernih, atau merah muda.dn yang termahal adalah warna oranye bersih. Karena kekerasannya intan juga dipakai untuk mata bor, sebagai mata alat pemotong kaca. Intan merupak Kristal karbon index refraksinya sangat tinggi dan merupakan batuan Kristal yang paling keras. Di Indonesia penghasil intan terbesar ada di wilayah Kalimantan barat (landak,sangau), di kalimantan tengah (dipuruk cahu), di Kalimantan selatan (martapura, pleihari).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar