Sabtu, 04 Juni 2016

Kunjungan TMII (MUSEUM IPTEK)

Tugas Softskill Kunjungan TMII (MUSEUM  IPTEK)

Nama         : Marsait ependi
Kelas          : 1pa14
NPM          : 1B514818



Pada sabtu tanggal 21-05-2016 saya dan salah seorang teman saya berniat pergi ke museum taman mini Indonesia tujuan saya dan teman saya pergi kesana untuk liburan dan memenuhi salah satu tugas diman kami diwajibkan mengunjungi beberapa tempat dan dari kunjungan tersebut kami wajib menceritakannya diblog kami.

Tempat pertama yang saya kunjungi adalah PP-IPTEK bagi yang belum tahu apa PP-IPTEK saya akan menjelaskan sedikit tentang tempat yang saya kunjungi ini . Gagasan pendirian science centre di Indonesia atau yang disebut PP-IPTEK ini adalahMenteri Riset dan Teknologi pada waktu itu, Prof. Dr. B.J. Habibie, pada tahun 1984. Dibentuk Panitia Kerja dengan SK Menteri Riset dan Teknologi No.15/M/Kp/IX/1984 untuk melakukan studi banding, pengkajian konsepsi dasar pembangunan, tema peragaan, system pengelolaan, serta bentuk arsitekturnya. Pada tahun 1987 Supporting Committee dibentuk untuk mensosialisasikan science centre kepada masyarakat luas melalui penyelenggaraan pameran fisika dan matematika di Gedung Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Fuad Hasan.

Usaha sosialisasi dilanjutkan pada tahun 1988-1990 dengan peragaan 20 alat peraga interaktif bidang IPA di Anjungan Istana Anak-Anak TMII, sebagai hasil kerjasama dengan Fakultas Pendidikan Matematika & IPA, IKIP Jakarta. Tujuan usaha ini untuk pengenalan dan studi penjajakan animo masyarakat. Kesan yang diperoleh dari pengunjung sangat positif dan para remaja dapat mengenal iptek secara lebih mudah dan nyata. Peragaan tersebut digunakan juga sebagai media pengajaran bidang iptek oleh beberapa mahasiswa IKIP Jakarta yang bertindak sebagai pemandu.

Konsep awal perencanaan Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) kemudian dibantu oleh US Agency for International Development dan Asia Foundation. Sesuai dengan konsep awal tersebut, Master Plan PP-IPTEK dikembangkan oleh Tim Kementerian Ristek, PT Tripanoto Sri Konsultan, Tim dari Musee de La Villete dan Sopha Development dari Perancis.

Pada tanggal 20 April 1991, PP-IPTEK diresmikan oleh Presiden Soeharto di gedung sementara Terminal B Skylift-TMII, berlantai 2 seluas 1.000 m2. Sejumlah alat peraga telah dibuat sendiri oleh tenaga ahli dari Puslitbang KIM-LIPI, LUK BPPT, BATAN, juga sumbangan dari industri strategis dan IBM.

PP-IPTEK akhirnya menempati gedung permanen pada tanggal 10 November 1995, berlokasi di poros utama kompleks TMII menghadap Plaza Perdamaian Monumen KTT Non-Blok. Dengan filosofi konsep sebagai api semangat iptek yang merupakan titik awal pengembangan masa depan, konsep desain bangunan futuristic, menjelajah tanpa batas, Konsultan Perencana PT. Tripanoto Sri telah merancang bangunan seluas 24.000 m2 di atas area seluas 42.300 m2. Sejak saat itu telah tersedia sarana pembelajaran iptek yang memberi kesempatan kepada pengunjung untuk melihat dan mempelajari rahasia dan gejala alam yang diperagakan, mempelajari dengan menggunakan indera pendengar, pencium, dan peraba melalui manipulasi, operasi dan eksperimen. Melalui peragaan dan program, pengunjung diberi kesempatan untuk menjajagi fenomena dan khasanah iptek secara mandiri, keluarga dan kelompok, agar memberi inspirasi dan meningkatkan daya kretivitas dan inovasi.
Okeh… itu sedikit penjelasan tentang Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau yang dikenal dengan nama PP-IPTEK. Sekarang saya akan mulai bercerita pengalaman saya dan teman saya saat berkunjung ke Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Indonesia ini sebelum masuk kami di wajibkan untuk menitipkan tas setelah itu saya dan teman saya langsung masuk ke dalam PP-IPTEK ketika masuk kedalam saya langsung tertarik dengan replica patung beberapa filsuf yunani dan beberapa tokoh lainnya.

(REPLIKA PATUNG PLATO)

(REPLIKA PATUNG NICOLAUS COPERNICUS)

(REPLIKA PATUNG ISAAC NEWTON)


(REPLIKA PATUNG ALBERT EINSTEIN)


Selain gambar replica beberapa tokoh dunia disini juga terdapat alat peraga yang bernama SEGITIGA AJAIB, ANGKA DAN BILANGAN, MATRIX  





Yang paling menarik pada bagian alat-alat peraga terdapat ruang SIMULASI GEMPA untuk masuk kedalam ruang simulasi gempa tersebut kita tidak dikenakan biaya alias gratis Susana  didalam ruangan sumulasi gempa ini dibuat semirip mungkin dengan kondisi ketika rumah atau bangunan terkena gempa, tenang dalam ruangan simulasi gempa ini kita tidak perlu takut tertimpa barang atau tembok karena dalam ruang simulasi gempa ini getaran gempa hanya berskala rendah jadi ruangan ini aman untuk kita masuki.



Didalam PP-IPTEK juga terdapat replika hewan purba yang terdapat di WAHANA TAMAN JURASIC replika yang berukuran besar salah satu yang saya ambil gambar nya adalah TYRANNOSAURUS REX atau yang biasa kita kenal dengan sebutan T-REX,  Tyrannosaurus rex (Tyrannosaurus, arti 'kadal yang kejam' / rex, arti 'raja) merupakan salah satu jenis dinosaurus karnivora yang terbesar. T-rex dapat tumbuh sepanjang 12,5 meter (sekitar 40 kaki)dan berat mencapai 4-7 ton . Dinosaurus ini memangsa dinosaurus herbivora besar seperti triceratops dan edmontosaurus yang merupakan herbivora terbesar di saat itu. Selain itu tyrannosaurus juga diketahui memiliki salah satu gigitan terkuat dibanding hewan darat lain yang pernah ada.



Terdapat juga bagian mekanik disini sama seperti ruangan sebelum nya terdapat juga replika motor dan mobil beserta mesin nya sayang pada bagian ini saya hanya mengambil gambar replica motor saja


Wahana terakhir yang saya kunjungi adalah wahana transportasi udara dari mulai badan pesawat, mesin, dan bagaimana cara kerja pesawat




Sebenar nya masih banyak replika yang terdapat di PP-IPTEK teman-teman tidak akan rugi jika berkunjung kesana selain hiburan banyak ilmu pengetahuan yang bisa kita ambil dari sana dan kita tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk berkunjung kesini karena harga masuk Kesini cukup murah  bagi teman-teman yang belum pernah liburan ketempat ini tidak ada salah nya kalian mencoba liburan kesini dijamin menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar