Sabtu, 04 Juni 2016

Komponis dan Ahli Musik Indonesia

Komponis dan Ahli Musik Indonesia

1. WR. Supratman



Wage Rudolf Supratman lahir di Purworejo, Jawa Tengan tahun 1903. Disamping sebagai komponis dia jga sebagai wartawan, pada tahun 1928 ia menciptakan lagu Indonesia Raya lagu itu dinyanyikan untuk pertama kali nya pada kongres pemuda oktober 1928 di Jakarta. Lahu Indonesia Raya ditetapkan sebagai lagu kebangsaan Indonesia, maka pada acara proklamasi 17 agustus 1945, lagu Indonesia Raya membahana diseluruh penjuru nusantara. WR. Supratman juga menciptakan lagu Ibu kita Kartini    
2. Ismail Marzuki



Ismail Marzuki lahir di Jakarta tahun 1914. Ketika usianya 17 tahun ia sudah mulai menciptakan lagu dan hingga ia tutup usia dia telang menciptakan 200 judul lagu. Lagu-lagu yang terkenal adalah Halo-Halo Bandung (1945), Rayuan Pulau Kelapa (1944), Kalau Anggrek Berbunga, Jauh di Mata di Hati Jangan. Sebagai penghargaan untuk beliau di Jakarta sendiri telah dibangun Taman Ismail Marzuki.

3. Cornel Simanjuntak  


Cornel Simanjuntak lahir di Pemantang Siantar, Sumatra Utara pada tahun 1921. Komponis produktif ini sebelumnya sekolah musik di Muntilan, Jawa Tengah pada tahun 1937 ia menciptakan lagu yang sampai saat ini kita nyayikan yaitu Maju Tak Gentar (1945), lagu lain ciptaan nya ialah Citra, Kupinta Lagi, Mekar Melati, Mari Berdendang dan O angina. Cornel simanjuntak meninggal tahun 1946 di Yogyakarta.

4. Kusbini



Kusbini lahir dimojo kerto, jawa timur 1906. Dia adalah seorang komponis yang komplit segala bentuk musik dia bisa. Dari klasik keroncong, sampai lagu anak-anak. Lagu yang terkenal Pada Mu Negri (1942), Bersatu Padu. Kusbini meninggal dunia pada tahun 1991, dan dia telah berhasil mendirikan sekolah musik di Yogyakarta.

5. K. Suryono



Dia lebih akrab dipanggil Pak Kasur. Bagi pemirsa stasiun tv TVRI tentu sudah tidak asing lagi. Pak Kasur secara rutin menggisi acara anak-anak di TVRI. Lagu-lagu ciptaannya Naik Delman, Bangun Pagi, Harmonikaku, Balon Ku Ada Lima, Cicak di Dinding dan Amrin Membolos.

6. Gesang Martohartono


Gesang Martohartono komponis keroncong ini lahir di Solo 1 Oktober 1917. Bakat seni nya mulai tampak saat ia ikut group musik “Marko” (1935). Lagu pertama ciptaannya Si Piatu (1938), kemudian Roda Dunia (1939), lagu yang terkenal Bengawan Solo (1940), Sapu Tangan (1941), Tirtonadi (1942), Jembatan Merah (1943).

7. Ibu Sud




Nama aslinya Saridjah Niung Bintang. Setelah menikah dengan bapak sudibyo beliau lebih akrab dipanggil ibu soed, lagu-lagu yang ia ciptakan kebanyakan adalah lagu anak-anak lagu ciptaan Hai Becak, Kupu-kupu, Tik-Tik Tik Bunyi Hujan, Menanam Jagung, Naik Kereta Api, Bila Sekolah Usai dan Bung Polisi.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar